Celebrating LIFE everyday, everywhere

Sabtu, 23 Februari 2013

Alergi Cuaca Dingin

Musim hujan buat udara menjadi lebih dingin. Hati-hati dengan perubahan cuaca tersebut. Ada sejumlah orang yang terserang gatal-gatal, lho! Yup, mereka terkena alergi dingin. Kayak gimana sih, itu? 

Penyebab utama alergi cuaca dingin karena kita terlalu lama berada dalam hawa tersebut tanpa baju hangat. Suhu yang rendah ini mengurangi daya tahan tubuh dan membuat produksi lendir meningkat. Nggak heran seringkali hidung kita akan merasa tersumbat serta mengeluarkan cairan. 

Dalam kondisi tertentu, mucul alergi yang disebut urtikaria. Gejalanya adalah gatal-gatal dan muncul bentol akibat udara dingin. Jenis alergi ini sering dialami orang-orang yang tinggal di negara tropis. Biasanya, penderita biduran (nama lain alergi ini) memiliki jaringan kulit yang sensitif. Biduran ini muncul karena tubuh mengeluarkan histamin (salah satu zat pelindung tubuh) berlebih untuk mempertahankan tubuh dari suhu rendah. Akibatnya, muncul bercak kemerahan dan bengkak. Jika dibiarkan, produksi histamin berlebih ini dapat menimbulkan sesak napas dan pelebaran pembuluh darah. 

Makanya, segera atasi gejalanya dengan:
  • Menghindari kontak langsung dengan udara dingin. Pakailah jaket atau mantel untuk menghangatkan tubuh.
  • Untuk mengatasi rasa gatal akibat biduran, oleskan bedak atau lotion yang mengandung calamin (zat anti histamin).
  • Bila perlu, konsumsi obat jenis antihistamin untuk menormalkan produksi histamin. Sebaiknya ini dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter.
  • Mandi menggunakan air hangat selama temperatur udara masih rendah.

0 komentar:

Poskan Komentar

© DEEP!, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena