Celebrating LIFE everyday, everywhere

Selasa, 28 September 2010

Kenapa Paus Nekad “Bunuh Diri”.???

Apa yang menimpa para paus dan lumba-lumba ini, sampai mereka akhirnya memutuskan buat melakukan tindakan bunuh diri? Dan kenapa pula mereka sampai bisa terdampar?

Sejak dulu, para ahli sudah menyelidiki penyebab utama kenapa paus dan juga lumba-lumba ini “nekad” bunuh diri. Ternyata, penyebabnya nggak cuma satu!

1. Hewan tersebut sakit atau sekarat sehingga terbawa arus ke pantai. Selain karena faktor usia, hal ini juga bisa terjadi karena adanya sampah atau limbah di laut yang meracuni hewan tersebut. Kasihan banget.

2. Perubahan udara yang ekstrim di laut juga bisa membuat hewan laut seperti paus, lumba-lumba, ikan dll sebagainya mencari tempat yang lebih cocok. Sayangnya, mereka malah terseret ke pantai. Kemungkinan ini juga yang membuat hewan laut tersebut terdampar di sekitar pantai Australia pada setiap musim panas.

3. Suara dan sinyal yang ditimbulkan kapal (sonar) dan mesin di laut kabarnya juga bisa mengganggu kemampuan navigasi paus, dan mengakibatkan mereka bisa “salah jalan” ke daratan.

4. Bentuk dan kedalaman sekitar pantai juga bisa jadi penyebab terdamparnya makhluk laut. Makanya, kejadian seperti ini sering terulang di pantai yang sama.

5. Gejala alam seperti gunung meletus atau gempa yang menyebabkan undersea quake atau seaquake dianalisa juga bisa membuat hewan laut terdampar. Seperti halnya hewan di darat, hewan laut diperkirakan juga memiliki insting besar terhadap bencana seaquake sehingga akan mereka berusaha menyelamatkan diri. Atau, bisa juga mereka malah terbawa arus akibat dari goncangan bumi di dalam laut tersebut. Menurut situs www.deafwhale.com, seaquake inilah penyebab utama kejadian di New Zealand Desember lalu.

0 komentar:

Poskan Komentar

© DEEP!, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena