Celebrating LIFE everyday, everywhere

Sabtu, 05 Maret 2011

Cantiknya Kuil Batu Caves

Tempat apa sih yang bakal kita datangi waktu ke Kuala Lumpur? Menara Petronas atau berbelanja di Bukit Bintang? Coba lebih bertualang sedikit! 13 km ke arah Utara Kuala Lumpur, ada kuil Hindu yang cantik banget yang menempel di dalam gunung kapur: Batu Caves.

How to get there :
Walaupun terletak kurang lebih 45 menit dari pusat kota Kuala Lumpur, Batu Caves mudah dicapai kok. Kalau nggak mau mengeluarkan banyak uang untuk taksi, kita bisa naik bus ke arah Batu Caves dari Titiwangsa atau terminal Puduraya. Cara yang paling gampang adalah naik kereta Komuter. Selain nyaman dan cepat, kita juga cuma perlu mengeluarkan uang Rp. 5.000 untuk ongkos kereta.

What to do :
Di depan kuil gua ini, kita bakal melihat patung Dewi Murugan berwarna emas setinggi 42 meter. Ini bisa jadi spot foto yang keren banget, lho! Pasalnya perpaduan gunung kapur, patung emas dan kuilnya sendiri menghasilkan gambar yang ‘wah’ banget deh. Untuk masuk ke dalam kuil yang terdapat dalam gua kapur itu, kita harus menaiki tangga sebanyak 272 anak tangga. Walaupun bakal capek, semuanya nggak sia-sia. Soalnya di dalam gua itu kita bisa melihat stalagnit yang ada serta arca-arca Hindu, tambah cantik dengan pencahayaan matahari yang masuk dari celah-celah gua.












Setelah puas mengagumi pemandangan dalam gua, kita bisa berkunjung ke pasar tradisional India yang ada di bawah kuil. Selain bisa berbelanja kain-kain sari dan kerajinan tangan India dengan harga murah, kita juga bisa icip-icip manisan India dan beberapa makanan lainnya yang lezat.

Trivia :
Ada banyak yang unik soal Batu Caves. Ternyata Patung Dewi Murugan yang menjadi ikon dari Batu Caves ini adalah patung Dewi Murugan tertinggi di dunia. Selain itu, Batu Caves juga menjadi pusat festival Hindu, Thaipusam di Malaysia. Nggak cuma itu, Batu Caves juga pernah menjadi salah satu lokasi tantangan Amazing Race Asia Season 4 ketika para peserta diminta menghitung anak tangga yang ada di depan kuil.

Batu Caves
Kategori : Kuil
Alamat : Gombak, Kuala Lumpur, Malaysia
Jam operasional: pk. 06.00 -20.00
Harga : Tiket masuk gratis.

0 komentar:

Posting Komentar

© DEEP!, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena